fbpx

Melihat Wajah Baru Gedung Sarinah Jakarta ( belum ada rating )

Wajah Baru Gedung Sarinah Jakarta – Pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia, Sarinah kembali beroperasi pada Senin (21/3/2022), setelah dua tahun dilakukan renovasi. Kini Sarinah hadir kembali dengan slogan “The Window of Indonesia” yang menjadi ruang kreativitas bagi masyarakat untuk menunjukkan produk-produk dalam negeri. Desain interior gedung Sarinah tampak lebih modern dan kental dengan nuansa khas nusantara.

Atap-atap di lantai 1 hingga 3 dihiasi kerajinan berbahan rotan yang menjuntai di sepanjang kawasan area retail. 

Selain itu, cahaya lampu yang terang serta ornamen-ornamen berbahan kayu berwarna coklat dapat membuat pengunjung nyaman berkeliling Mal Sarinah sambil melihat atau berbelanja produk milik pengusaha lokal. Saat ini Mal Sarinah belum sepenuhnya terisi, masih ada beberapa gerai yang belum buka.

Di lantai dasar terdapat berbagai macam toko batik, restoran, museum sarinah dan relief besar yang mempresentasikan petani, nelayan, serta peternak kerbau. 

“Relief sudah ada ketika Sarinah dibangun tahun 1960-an, kemudian dilakukan konservasi dan pada hari ini kita buka ke publik,” ujar Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, Senin (21/3/2022). Fetty mengungkapkan relief tersebut jadi salah satu cagar budaya di Mal Sarinah yang melambangkan masa kejayaan Indonesia.

Kemudian di sisi kiri lantai 1, pengunjung dapat langsung melihat Sarinah Department Store. Lalu terdapat berbagai macam toko makanan dan minuman, area retail dengan menjual berbagai macam produk khas Indonesia. 

Di lantai 2 terdapat ruang pameran yang berisi pakaian khas Indonesia seperti kain songket dan batik, kemudian ada ruang seni dan kerajinan dan ada beberapa restoran.

Berbagai macam toko furniture, aksesoris hingga kerajinan khas Indonesia seperti wayang serta kerajinan berbahan rotan, berada di lantai 3. Sementara itu, salah satu pengunjung Mal Sarinah bernama Lusi (48) mengatakan bangunan berlantai delapan ini tampak lebih modern dan kekinian setelah direnovasi, namun tidak menghilangkan unsur Indonesia. 

“Beda banget ya sama yang lama dan lebih up to date dengan keadaan yang sekarang,” kata Lusi saat ditemui di lokasi. Pengunjung lainnya, Rizky (31), mengaku kagum dengan gedung Sarinah yang menurutnya lebih modern.

“Nuansa Indonesia-nya dapat, modern-nya juga dapat. Bagus Sarinah yang sekarang lebih tertata juga sekarang. Lalu ada relief-relief juga di bawah tadi bagus buat foto-foto,” ucap Rizky. 

Rizky berharap konsep baru mal Sarinah ini dapat memajukan kesejahteraan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). “Kesempatan untuk pengusaha lokal agar bisa bersaing dengan brand luar. Pemerintah kasih kesempatan untuk brand lokal, sekarang giliran mereka tunjukkan kualitas produknya,” tuturnya.

(sumber : megapolitan.kompas.com)

Suka dengan artikel ini ? beri Rating dan Share artikel ini yaa. Tq.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

On Key

Related Posts

Fast Response

×

Hallo!

Selamat datang di Marjaya Trans, PO Bus Pariwisata Terbaik dan Terpercaya di Bandung.

× Ada yang bisa kami bantu ?